pembabakan zaman praaksara berdasarkan geologi

Pembabakan Zaman Praaksara berdasarkan Geologi

Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan. Berdasarkan geologi, terjadinya bumi sampai sekarang dibagi ke dalam empat zaman. Zaman-zaman tersebut merupakan periodisasi / pembabakan Praaksara yang terdiri dari:
a.   ARKAEKUM / zaman tertua
Berlangsung kira-kira 2500 juta tahun, pada saat itu kulit bumi masih panas, sehingga tidak ada kehidupan.
b.  PALEOZOIKUM / zaman primer atau zaman hidup tua
Berlangsung 340 juta tahun. Makhluk hidup yang muncul pada zaman ini, yakni seperti mikro organisme, ikan, ampibi, reptil & binatang yang tidak bertulang punggung.
readyygo.blogspot.com
mikro organisme, ikan, ampibi, reptil & binatang yang tidak bertulang punggung.
c.   MESOZOIKUM/zaman sekunder atau zaman hidup pertengahan
Berlangsung kira-kira 140 juta tahun. Pada zaman pertengahan jenis reptil mencapai tingkat yang terbesar sehingga pada zaman ini sering disebut juga dengan zaman reptil. Setelah berakhirnya zaman sekunder ini, maka muncul kehidupan yang lain yaitu jenis burung & binatang menyusui yang masih rendah sekali tingkatannya. Sedangkan jenis reptilnya mengalami kepunahan. Selanjutnya berlangsunglah zaman hidup baru.  NEOZOIKUM / zaman hidup baru
Zaman ini dibedakan menjadi 2 zaman, yaitu:
1)  Tersier / zaman ketiga
Zaman ini berlangsung sekitar 60 juta tahun. Yang terpenting dari zaman ini ditandai dengan berkembangnya jenis binatang menyusui seperti jenis primat, contohnya kera.

2)  Kuartier / Zaman keempat Zaman ini ditandai dengan adanya kehidupan manusia sehingga merupakan zaman terpenting. Dan zaman ini dibagi lagi menjadi dua zaman yaitu yang disebut dengan zaman Pleistocen & Holocen

Komentar

Postingan populer dari blog ini

teks anekdot

lagu daerah di Indonesia beserta daerah asalnya

KUMPULAN PANTUN