biaya peluang
pengertian biaya peluang - Dalam ekonomi, terdapat banyak istilah
yang dipergunakan dan harus dimengerti oleh orang yang ingin mempelajari
bidang tersebut lebih jauh. Salah satu istilah yang dipergunakan adalah
biaya peluang. Pengertian biaya peluang atau yang
disebut juga sebagai opportunity cost atau biaya kesempatan ini adalah
biaya yang diperlukan saat memilih suatu kegiatan. Biaya ini muncul dari
kegiatan yang tidak dapat Anda lakukan.
Pengertian Biaya Pelunag Menurut Para Ahli
Biaya peluang juga diartikan sebagai berikut menurut dari para ahli yang intinya:
- N. Gregoru Mankiw mengemukakan jika biaya peluang merupakan segala sesuatu yang wajib Anda korbankan agar dapat mengorbankan sesuatu.
- Robert B. Ekelund, Jr serta Robert D. Tollison, biaya peluang adalah biaya penggunaan sumber daya ekonomi dengan maksud untuk tujuan yang tertentu yang di ukur berdasarkan ukuran keuntungan yang tidak jadi diperoleh yang disebabkan karena tidak memilih alternatif atau pilihan tersebut dibandingkan dengan komodini yang diperoleh sebagai gantinya yang disebabkan karena memilih alternatif lain.
- Paul A. Samuelson dan William D. Nordhaus, mengemukakan jika keputusan untuk memilih biaya peluang disebabkan karena memilih 1 hal di dalam dunia kelangkaan yang menyebabkan harus menyerahkan sesuatu yang lainnya. Sehingga biaya peluang adalah nilai barang ataupun jasa yang paling berharga yang hilang.
Dari pengertian biaya peluang tersebut,
maka biaya kesempatan tersebut muncul disebabkan karena kebutuhan
manusia yang tidak terbatas sehingga manusia mau tidak mau harus memilih
untuk menentukan prioritas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga
dalam memenuhi kebutuhannya tersebut membutuhkan biaya yang harus
dikorbankan. Biaya peluang ini bisa dihitung dengan 2 cara yaitu:
- Dihitung dari nilai peluang yang tidak dipilih atau yang dikorbankan, jika ada 2 pilihan.
- Dihitung dari nilai peluang yang terbaik yang dikorbankan jika terdapat lebih dari 2 pilihan.
Ada beragam contoh biaya peluang.
Misalnya, A memutuskan untuk ke warung siomay. Di warung tersebut
ternyata juga menjual batagor. A ingin membeli keduanya namun sayangnya
uang A hanya cukup untuk membeli 1 diantara kedua pilihan menu makanan
yang dijual di warung tersebut. A kemudian mempertimbangkan apakah akan
memilih siomay atau batagor. Akhirnya A tetap membeli siomay dan biaya
peluangnya adalah 1 porsi batagor karena A gagal untuk membeli batagor.
Contoh yang kedua adalah, B mendapatkan 3
panggilan pekerjaan dalam jangka waktu yang berdekatan setelah B lulus
kuliah. Di tawaran yang pertama, B menjadi karyawan lembaga keuangan
yang lokasinya jauh dari rumah namun memiliki gaji sebesar Rp 3,5 per
bulan. Tawaran kedua adalah di instansi pemerintah yang juga jauh dari
rumah sehingga mau tidak mau B harus kos, dan gaji Rp 3 juta per bulan.
Ketiga adalah menjadi angkutan di tempat kerja yang dekat dengan rumah
dengan gaji Rp 3 juta per bulan. Dari tawaran tersebut, B memilih untuk
bekerja di dekat rumah, selain karena tidak perlu membayar biaya kos
atau biaya hidup tambahan, B juga bisa menjenguk orang tuanya setiap
hari. Jadi biaya peluangnya adalah sebesar Rp 6,5 juta karena menolak
tawaran 1 dan 2.
Contoh ketiga sesuai dengan pengertian
biaya peluang adalah perusahaan memiliki sumber daya misalnya gedung.
Pilihannya adalah apakah perusahaan tersebut akan menyewakan beberapa
bagian dari gedung tersebut untuk tempat usaha lain atau dengan
menggunakan gedung tersebut sendiri. Namun perusahaan tersebut memilih
untuk menggunakan gedung sebagai tempat usaha dan mengorbankan biaya
peluang untuk mendapatkan keuntungan dari menyewakan beberapa bagian
dari gedung.
Komentar
Posting Komentar